Mendadak Guide

Wah sudah lama nih ane gak posting, gara-gara ada kerjaan yang mendadak dan memaksa ane untuk tidak membuka blog ini. Kerjaannya ya itu, seperti judul postingan kali ini. Mendadak jadi guide, ternyata jadi guide itu capek juga ya. Tapi jadi guide itu juga sangat menyenangkan, selama torisnya asik.

Bahasa Inggris itu penting, ane baru menyadarinya sekarang. Bisa bahasa inggris sedikit-sedikit saja tidak masalah sebenarnya, sama seperti ane, cuma bisa sedikit-sedikit.

Tau daerah-daerah pariwisata sebanyak mungkin, minimal sudah tinjau lokasi daerah yang ingin didatangi. Kalau tidak ada waktu untuk meninjau lokasi, modal tanya seperti anepun bisa menjadi solusi.

Punya kendaraan sendiri, minimal sepeda motor butut. Yang terpenting masih bisa jalan dengan normal.

Bisa bahasa daerah setempat, tidak perlu lancar, yang penting bisa walau hanya sedikit-sedikit. Sepengetahuan ane sih penduduk yang tinggal didesa-desa terpencil sangat jarang memakai bahasa Indonesia.

Yang terakhir, mungkin harus siap tenaga. Tidak jarang para wisatawan asing lebih senang jalan kaki daripada menggunakan kendaraan bermotor.

Mungkin segitu aja kali ya, sekian terimagaji #ngacir

4 comments:

Agung Ak said...

kebanyakan emang masyarakat di daerah terpencil banyak gak bisa bahasa indonesia, mereka masih pake bahasa suku mereka sendiri, btw enak dong jadi guide ntar dikasih dolar sama turis :D

dandy makibo said...

bener banget gan,, untung di NTB cuma sebagian kecil aja yg tidak bisa bahasa Indonesia..

yg kemaren orang jerman gan,, berharap dikasi Euro,,wakakakakak

Iyudhistira Kusumawardhana @kusuma_wardhana said...

Sayang ane gk jd ikut
:(

dandy makibo said...

lah emang ente diajak ya ,,wakakakakak

Post a Comment

Jangan lupa ninggalin jejak gan ^_^