Kisah Anak Seribu Pulau [cerita lengkap bersambung]

hy kawan-kawan blogger semua


disini ane bakal berbagi kisah yg sudah pernah ane buat disalah satu forum yg hampir 3 tahun ane naungi. Bisa dikatakan salah 1 forum terbesar di Indonesia, KASKUS ,, pasti kalian pernah mendengar or mungkin kalian salah satu member, moderator, enthusiast , aktifis or RL dikaskus. Kisah anak seribu pulau ini ane buat akhir bulan maret 2011, udah lama kan :p .

langsung aja deh, bagi yang sudah pernah membacanya jangan bosan ya, :p ... ooo iya,, ini langsung ane copas dari forum kaskus, takut ilang sih

Dari hasil kerjasama yg baik antara kedua ortu ane ,, ane ada di dalam kandungan mama ane (anak mama )

Kira-kira sekitar 9 bulan 10 hari lah ane diem didalem perut ,., akhirnya ane lahir dengan selamat pertengahan tahun 1988, tepatnya bulan juni ,dibantu oleh dukun cabul maksudnya dukun beranak

Kayaknya saat tu juga ane dikasi nama DANDY FAHRIANSYAH nama asli bukan samaran

Ane lahir disalah satu desa kecil di pulau Sumbawa.,, namanya BRORA masih sodaraan kali ma BLORA yg di JATENG

Singkat cerita karna ane gak tau ceritanya n gak tau apa-apa
Ane di bawa ke kota a.k.a Sumbawa Besar, NTB. Di sini ane tinggal dirumah mertua mama a.k.a kakek ane

Sumpah ne rumah besar n banyak banget kamarnya ..,.jelas aja tu khan LOSMEN

Setau ane sich dulu ane sering n suka sekali maen ma yg namanya kucing,.,.tu mah ampe skarang (sayang sekarang ane gak punya kucing )

Setahun tinggal di Sumbawa emang mengasikkan,,(ne sih seingat ane setelah melihat foto-foto ane waktu kecil )

Entah tanggal, bulan n tahun berapa ABAH ane di panggil oleh kakaknya a.k.a paman ane untuk datang ke KALSEL,.tepatnya di jalan PUTRI JUNJUNG BUIH NO. ** BANJARBARU (maaf disensor dikit) maklum anak paman ane cewe semua

Tanpa banyak persiapan (menurut ane sich) kamipun berangkat ke Kalimantan menggunakan kapal laut yg entah namanya apa,.maklum waktu itu umur ane kurang lebih 1 tahun

Perjalanan dimulai dari rumah menggunakan bis sampai di pelabuhan POTO TANO ,,naik kapal ferry sampai pelabuhan KAYANGAN (LOMBOK), perjalanan dilanjutkan menggunakan bis sampai ke terminal MANDALIKA, MATARAM. Lanjut lagi sampai ke pelabuhan LEMBAR,..kami turun di LEMBAR, dari lembar naik kapal penumpang yg seingat ane besarnya tu mengerikan saking besarnya

Perjalanan dari PELABUHAN LEMBAR sampai PELABUHAN BANJARMASIN kuranglebih 3 hari 3 malem,.,itupun harus singgah dulu di UJUNG PANDANG.,.lumayan bisa beli sirup markisa

Singkat cerita kami pun sudah berada di KALSEL, tepatnya di rumah paman ane yg di Banjarbaru,. Menurut cerita dari paman ane sih abah ane dulu Kalimantan untuk di kasi kerjaan, kerjaannya ya jadi PNS ,ngambil jatah pensiun paman ane tu. Dulu sich bisa katanya, sekarang mana bisa

Singkat cerita lagi ni ya,. ane beserta keluarga di tugaskan di suatu kabupaten yg lumayan sepi, abah ane di tugaskan di PELAIHARI (tau gak, kalo gak tau cari di om google )

Pelaihari adalah sebuah kota kecil dimana ane di besarkan,,.dikota ne ane beserta keluarga ngontrak rumah di gang mutiara (nama jalannya ane lupa ). Kehidupan ane waktu kecil mungkin normal-normal aja kayak anak-anak kecil lainnya.

Asli ane gak tau banget kalu ane pernah tinggal di gang mutiara, coba dulu gak di certain ma tmennya mama, mana ane tau , maklum ane masih kecil banget dah kayaknya n gak ingat apa-apa tentang gang yg satu ne.

Menurut kisah n hasil nguping sedikit demi sedikit , ane dapet beberapa kenyataan. Ternyata waktu tinggal di Pelaihari ane beserta abah n mama sering pindah-pindah tempat ngontrak . Paling terakhir ngontrak rumah di gang gembira (begitulah namanya ).

Di rumah kontrakan terakhir ini lumayan lah,soalnya deket sama sungai (bisa mincing kapan saja ). Rumah ini lumayan luaslah untuk tempat tinggal ane, abah n mama ane. Luas rumah ane gak tau, soalnya gak pernah ada niat buat ngukur .

Di rumah inilah ane dibesarkan, disayang n dimanja . singkat cerita lagi ane dimasukkan TK PERTIWI (salah satu TK yg ada di Pelaihari) saat berumur 5 tahun. Asik bener ternyata memiliki temen-temen baru, apalagi tempat mainnya

Ane paling suka maen prosotan, soalnya prosotan di TK ane gedenya gak ketulungan . Tiap ada waktu lenggang paling kerjaan ane ma temen-temen maen prosotan ato ayunan, asik banget mengingat masa kecil. Kalau di suruh naik ayunan sekarang ane langsung pusing .

Lulus TK ane dimasukkan ke SD, SD yg dipilih lumayan deket lah dari rumah. Ane masuk SDN 3 PELAIHARI, nambah temen n saingan dech di sini (saingan masalah kepintaran ). Ternyata setelah bersaing sekian lama bersama temen 1 kelas di kelas 1 ne, ane hanya mendapat rangking 3 .

Padahal khan ane pengennya rangking 1 , sumpah ya sampai saat ne ane gak pernah yg namanya dapet rangking 1 .

Setelah kejadian rangking 3 tersebut, ane rada giat belajarnya. Di rumah ane yg bentuknya kayak rumah panggung nanggung

Ane gambarin dikit ya modelnya, ne rumah asli buatan orang KALSEL, semua bagian rumah terbuat dari kayu.

Dari tiang, dinding, lantai, langit-langit sampai atapnya dari kayu, untung yg tinggal gak jadi kayu

Di rumah ne hidup 2 keluarga, keluarga ane ma keluarga tetangga ane

Hanya dipisahkan oleh dinding pembatas, tapi masih 1 atap.

Maria nama anak tetangga ane, kalo ane ingat-ingat parasnya cantik, kulit putih, rambut lurus bergelombang dikit, intinya tu anak cantik lah

Di sebelah rumah ane tinggal seorang ustad, begitulah kami memanggilnya.

Sebenernya beliau hanya seorang guru SMU, tapi berhubung beliau lah yg mengajarkan kami ilmu agama, selain di skolah tentunya.

Lumayan banyak lah temen-temen ane di sini, ada cwe n cwo.

Di suatu sore ane ma temen-temen pergi mandi ke sungai belakang rumah (waktu tu masih lumayan bersih airnya, sekarang udah gak karuan, ane ibaratkan seperti kopi susu warnanya ).

Ane memberanikan diri untuk mandi di sungai yg lumayan dalam itu, jujur saat itu ane belum bisa berenang.

Tiba-tiba kaki ane udah menyentuh dasar sungai, lalu naik lagi kepermukaan, kedasar lagi.

Ane gak tau sudah keberapa kalinya kejadian ne terulang sampai ane tak sadarkan diri. Tapi seingat ane abah ane yg loncat ke sungai buat nolong ane.

Makasih abah (untung ane gak jadi koit) Setelah kejadian tenggelam itu ane jadi rada takut mandi di sungai lagi.

Beberapa minggu berikutnya ane mengajak temen-temen ane bermain ke kebun di deket kampung.

Entah siapa pemilik kebun itu, yg pasti ane bukan ngajak temen-temen ane muat nyuri hasil kebunnya orang.

Di kebun ini ane dkk cuma datang buat ngumpulin jarak, rencananya sih buat maen.

Pas udah nyampe di kampung, ane malah nyajak temen-temen ane makan tu buah jarak.

Alhasil ane dkk keracunan, dari mulut keluar busa putih.

Ancrit ,,,,, hampir aja ane jadi pembunuh masal, termasuk bunuh diri juga

Hasil dari makan jarak, ane harus istirahat 2 hari full

Jangan coba-coba dimanapun agan n sis



Waktu berlalu dengan cepat, sekarang ada keinginan ane ngerasain gmana sih enaknya merokok.

Rasa penasaran ini muncul saat ane duduk di klas 2 SD. Ane mengajak temen sebaya ane, namanya Madi.

Salah satu tetangga ane yg hampir ane bunuh dalam tragedi makan jarak

Madi ini temen ane yg paling baik lah, kemana-mana kami selalu bersama.

Soalnya Cuma Madi ini aja cwo yg sebaya ma ane, kebetulan rumahnya deket ma rumah ane.

Ane ma Madi patungan untuk beli rokok, ane yg beli rokok sedangkan Madi beli korek. Saat itu sih harga rokok Rp. 50,- perbatang.

Rokok n korek sudah ada di tangan, tinggal mencari lokasi yg aman.

Lokasi ketemu , siap gan,,,bakar,, isap,,,batuk-batuk

Pengalaman ngerokok pertamakali,,, (hancur total)


Keesokan harinya ane ma Madi kembali lagi membeli rokok n menuju lokasi kemarin. Rokok yg kami beli ini adalah rokok bento*el blue.

Kegiatan merokok hari ini rada terganggu karna ada orang yg mengintip.

Sialnya tu orang malah ngelapor ke orang tua kami

Hasilnya kuping ane merah di jewer mama, badan merah-merah karna di pukul pakai sabuk.

Kesalahan yg sangat fatal

Rokok mulai ane tinggalkan, selingkuh ma petasan n meriam bambu.
Kebetulan sekarang memasuki bulan puasa, ane dibuatin meriam bambu oleh abah ane.

Asikkk di kasih meriam bambu ma abah

Malemnya setelah shalat tarawih di rumah pak ustad, ane langsung ambil posisi PEWE di teras rumah bersama meriam bambu baru ane.

Ada yg lewat langsung tembak,.,. DUUAARRRRR.,.,
Emang parah suaranya meriam bambu ane.,.

UTUH,., UTUH,.,. (utuh : panggilan untuk anak laki-laki dalam bahasa banjar)
mama memanggil ane untuk masuk kerumah,.,.

iya ma

ternyata ane dimarahin gara-gara ganggu orang yg lewat pakai meriam,.,

mama : jangan @#!$#@#$$% (lupa ane mama ane ngomel apa)
ane : iya ma
mama : jangan diulangi lagi ya, kasian kan orang yg lewat.,
ane :

selesai di omelin ane ke kamar untuk mencoba melelapkan mata,.,.
zzzzZZZZzzzz zzzzZZZZzzzz zzzzZZZZzzzz
keesokan harinya ane pergi maen ma temen ane,,.

Madi : maen ke mana dan,.,.
Ane : ke pinggir sungai aja yuk.,.
Madi : oke

Kami pun ngacir ke pinggiran sungai yg lumayan sepi n luas. Dulu sih masih luas.,.gak tau sekarang
Saat ngeliat sapi , pikiran iseng ane muncul,.,.

Ane ambil petasan yg dari tadi nganggur di kantong celana, ane comot sebatang
Ane tancepi di sapi tu, ane bakar sumbunya,, kaboorrrrrrrrrr __________
Alhasil tu sapi muncrat kemana-mana , untung ane gak kena.

Kami cari lagi sapi yg laen n memperlakukannya seperti yg pertama.,. dari beberapa kali percobaan yg telah dilakukan, semuanya berhasil .
Tak terasa petasan kamipun habis, waktunya pulang

Sesampai dirumah ane langsung cari mama, ma,.,. ma,.,. ma,.. (kira-kira dah tengah hari lah)


Ane : ma masak apa sekarang,.,

Mama : tahu goreng sama sayur bayam,.,

Ane : asik ada tahu goreng,., (tahu goreng adalah salah satu makanan kesukaan ane)

Mama : dah mau buka ya,.,.

Ane : iya ma,.udah laper.,

Mama : yaudah, kedapur gih.,.jangan lupa baca doa berbuka ya tuh,. (tuh singkatan utuh)

Ane : iya ma ____


Ane ambil nasi secukupnya,,.tahu sebanyak-banyaknya n sayur bayam langsung ane seduh di piring ane,.,

Tak lupa ane embat kecap manis sebotol yg bertenggr manis di atas meja makan.,.,

Ane minggat ke ruang tamu , makan sambil nonton TV hitam putih ane yg selalu setia menemani.,., haha

Sebelom menyantap makanan ane gak lupa ma pesan mama, baca doa buka puasa dulu.

Makan sambil nonton TV emang seru juga, serasa kayak ngemil.

Selesai makan ane balik kedapur, naruh piring di tempat cucian ma cuci muka,..upz cuci tangan ma mulut maksudnya

Makan udah, minum udah, tinggal jacpot dah

Saatnya maen sama bular neh ,,,

Bular ., saatnya makan,.,,.

Wah dia gak jawab,.,. kemana ya si bular.,.,.

Ane cari keliling rumah gak ketemu-ketemu,.,.

Waaaaaaaahhhhhh dia maen kemana neh,.,.

Ane ketemu sama maria,, langsung ane tanya deh,.,.


Ane : mar kada liat si bular kah ,.. ???

Maria : kada liat ulun dan,.

Ane : si bular maen kemana ya,.,

Maria : kada tau lah ulun dan,,.

Ane : ya udah,.,.makasih ya,.,.

Maria : iya dan,..,.


Ane ngacir lagi nyari si bular _____

Ancrit,,. Capek-capek ane cari ternyata dia maen di samping rumahnya Nove.,.,.

ane ambil dah si bular..ane gendong,.,.ane bawa ke kandang,.,.trus ane kasi makan.,.

bular ini salah satu ayam peliharaan ane,..ane kasi nama bular karna matanya buta satu,.,.


selesai maen dengan si bular ane di panggil sama mama ane,.,.


mama : utuh..,.,.

Ane : iya ma,.,.


Pas sudah nyampe rumah mama berkata pada ane

“Besok kita ke Banjar Baru,, siapin pakaiannya ya nak”

“hoammzzzz” ane baru bangun,.,

“plak” aduh,.,.

Mulut ane kena telak di tendang adek ane yg masih tidur

“harus balas dendam pikir ane”
Akhirnya ane ambil aba-aba

1,.,.

2,.,.

3.,.,.

“Niiiitaaaaaaa baguuuunnnnnnnnnn” sambil ane mengguncang tubuh mungilnya,.,,.

Sebelumnya ane critain dulu tentang adek ane yg muncul tiba-tiba di dalam kisah ini,.,.

Nita ini adalah adek kandung ane,, dia perempuan (semua orang juga tau kalo liat namanya )
Beda umur ane ma adek ane adalah kurang lebih 2 tahun,.,. segini aja ya,.,

Akhirnya dia bangun sambil mengucek-ngucek matanya,,.
Mandi sono,.. “mau ikut ke Banjarbaru gak”.,., tanya ane
Dia hanya menjawab dengan anggukan,. trus ngacir ke kamar mandi _______
Skip-skip

Kami sekeluarga berangkat ke Banjar,.,.
Perjalanan dari Pelaihari sampai Banjarbaru kurang lebih 2 jam,.,
Kami menggunakan angkutan umum,.,.lumayanlah dempet-dempetan
Pagi itu perjalanan cukup menyenangkan,.,.karna awan mendung disertai angin sepoi-sepoi yg bikin orang pengen cepet kimpoi

Skip-skip
Akhirnya nyampe juga di Banjarbaru,..

“Assalamualaikum” ,.,. kami ucapkan salam setiba di rumah paman ane yg tinggal di kawasan Jln. Putri Junjung Buih,.,.

“Waalaikumsalam,.,..,.” paman ane membalas salam, sembari membukankan kami pintu n menyuruh kami masuk..

Kami langsung ngacir ke kamar tamu,,sebelumnya ane salaman dulu ma paman ane yg ganteng ini ..,.,.

Naruh barang bawaan,., istirahat sebentar,.,., lalu ane beserta keluarga pamit pergi ke Banjarmasin,.,.

Dari Banjarbaru – Banjarmasin menghabiskan waktu kurang lebih 35 menit lah.,ane lupa alnya

Kami melakukan perjalanan menggunakan angkot,.,.

Diperjalanan biasa-biasa aja, gak ada yg menarik,.,.

Akhirnya nyampe Banjarmasin juga,.,.

Ane jalan ma mama ane,.,
Pas sedang jalan, ane nanya ke mama ane,.

“ma”

“kenapa tuh” mama ane menjawab

“kenapa tasnya mama robek ?”

Mama ane reflek aja langsung liat tasnya., “astaga mama kecopetan nak”
Kasian mama ane.,

Untung mama ane naruh ung gak di dompet aja,.,.
Mama ane emang hebat.,.,walaupun dompet beserta isinya udah hilang entah kemana,.mama ane tetap tersenyum ma ane
Perjalanan berlanjut kederetan pertokoan yg menjulang megah bagaikan sebuah mall,, saat itu emang belum ada mall.
Ane dibawa ke tempat yg sangat menarik ., yaitu pusat permainan.,. hore
Disini rata-rata hanya ada anak-anak kecil aja yg boleh maen…,.yg udah gede kelaut aja dah

Ternyata ane sengaja dibawa n ditinggal disini,.,. senang, tapi sedih juga sih
Ane ngacir dah ke salah satu permainan yg lumayan menantang,., bom bom car,.
Bom bom car waktu ane tu masih yg model lama,.,ada tiangnya,,.kalo sekarang udah pake batre.,.
Ane naik dah tu,,.,ane putar stir kekiri,.kekanan.,.kebelakang (lah emang ada )
Senangnya bisa saling tabrak ma anak-anak lain,..

puas juga maen di tempat ne,.,.walaupun ane gak pernah tau berapa harga yg udah di bayar untuk semua permaenan yg sudah ane pakek,.,.

ane di jemput lagi sama mama ane,.
“yuk kita pulang tuh”
“iya ma” pdahal ane masih pengen maen sih sebenernya,.,tapi apa boleh buat,.

Kami jalan dah keluar dari took tu.,.
Ane ambil posisi paling belakang,.
Pas mau turun lewat escalator,.,. ane masih rada takut naik turun pake tangga yg satu neh,..

Ane beranikan diri
Alhasil ane nyangkut di tengah-tengah escalator,,. Karna karet tempat tangan macet a.k.a gak jalan,.
Ane triak-triak sekencang-kencangnya dah tu.,.

============================================
ntar deh disambung lagi biar seru


sekian terimagaji #ngacir 


0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa ninggalin jejak gan ^_^

Cari Aja

Labels

cerita (41) download (2) gak penting (19) game (1) ilmu (13) lomba blog (2) photo (9) Puisi (4) share (51) trik (1)

All In One

Flag Counter