Kebutuhan Air Bersih Warga Pesisir

Air bersih merupakan salah satu penunjang kehidupan di dunia ini, bukan hanya manusia yang membutuhkan air bersih. Tumbuhan dan binatang juga membutuhkan air bersih, sama halnya dengan manusia. Disini saya membahas tentang sebuah pulau di daerah saya yang sudah dikenal dengan sebutan pulau terpadat didunia.


Pulau Bungin adalah salah satu Desa Kepulauan yang terdapat di Kecamatan Alas atau + 70 km dari kota Sumbawa Besar, ternyata menyimpan cerita selain menjadi Pulau terpadat di Dunia. Memang, dengan luas sekitar 8 Hektar dan penduduk empat ribu lebih, Pulau Bungin disebut-sebut sebagai pulau terpadat di dunia, karena kepadatan penduduknya +15.000 jiwa/km.

Pulau ini tidak memiliki sumber air bersih sendiri, biasanya warga pulau bungin mengambil air disebuah tempat yang berjarak 800m didaratan pulau sumbawa. Letak sumber air ini dibibir laut, dibuat menyerupai sebuah sumur. Air disumur ini tidak tawar, melainkan payau. Untuk mencapai tempat ini setiap warga biasanya menggunakan perahu sekitar 30 menit dan menghabiskan BBM sekitar 1 liter.


Saat ini pihak PDAM sudah berhasil mengalirkan air bersih ke pulau bungin. Namun air ini tidak termasuk dalam katagori air bersih yang sehat, karna mengandung kaporid. Air yang mengandung kaporid tidak sehat untuk dikonsumsi, ini menurut saya, sebab saya pernah mengalami sakit perut gara - gara meminum air yang berkaporid.

Air yang sehat memang susah didapat di pulau bungin ini, tapi semua hal bisa dilakukan. Misalnya dengan menggunakan desalinator, memasak air atau membeli air isi ulang dari berbagai merk yang ada di Indonesia. Memasak air memang baik, tapi dalam jangka panjang pengeluaran dana untuk membeli bahan bakar seperti minyak, gas dan kayu semakin besar. Sama halnya dengan membeli air dalam kemasan yang semakin hari semakin mahal.

Solusi yang paling baik untuk warga di pulau bungin ini adalah menggunakan penyaring air, dan saya menyarankan sebuah alat pemurni air yang di kembangkan oleh Unilever Indonesia yang diberi nama Pure It. Pure it berfungsi untuk memurnikan air sehingga menghasilkan air siap minum, aman untuk dikonsumsi serta bebas segala kuman berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit, tanpa menggunakan gas dan listrik.


Pure it merupakan water purifier yang menggunakan 4 tahap penyaringan, tahap kerja pure it sebagai berikut ;

  • Tahap 1 : Saringan Serat Mikro – menghilangkan semua kotoran yang terlihat
  • Tahap 2 : Filter Karbon Aktif – menghilangkan pestisida dan parasit berbahaya
  • Tahap 3 : Prosesor Pembunuh Kuman – menghilangkan bakteri dan virus berbahaya dalam air
  • Tahap 4 : Penjernih – menghasilkan air yang jernih, tidak berbau, dengan rasa yang alami
Kalian bisa melihat keempat tahap diatas, dimana semua yang kurang baik untuk tubuh di saring dan membuat air yang dihasilkan menjadi air yang sehat. Komponen 2-3-4, dalam satu rangkaian disebut Germkill Kit, yang harus diganti setelah memurnikan 1500 liter air. Air yang dimasukkan ke dalam pure it adalah air tawar, andai bisa didmasukkan air laut.

Keunggulan pure it sebagai berikut ;
  1. Sangat praktis. Hanya memasukkan air ke dalam alat dari bagian atas, Pure it akan memurnikan air untuk siap minum.
  2. Tidak memerlukan gas, listrik, dan saluran pipa.
  3. Biaya per liter pemurnian air hanya Rp100, jauh di bawah harga air galon dari merek ternama (Rp526/liter), air isi ulang (Rp187/liter), dan air rebus (Rp107/liter).
  4. Air terlindungi dari kuman berbahaya penyebab penyakit dengan menggunakan standar terketat EPA (Environmental Protection Agency) USA yang menghilangkan log 6 bacteria, log 4 virus, dan log 3 parasites.
  5. Pureit memiliki indikator yang dapat menunjukkan lebih awal kapan perlu mengganti Germkill Kit (mekanisme penghentian otomatis).
  6. Kapasitas hingga 9 liter di top chamber ditambah 9 liter di transparent chamber.
  7. Air hasil pemfilterannya terasa air alami yang segar
  8. Garansi satu tahun.
__________________________________________________________________________

Referensi :

http://www.sumbawanews.com/node/4088

http://www.pulausumbawanews.com/daerah/desalinator-rusak-warga-bungin-bergantung-ke-pdam/

http://id.wikipedia.org/wiki/Pureit

http://www.pureitwater.com/ID/

4 comments:

mrjack kaskus said...

wih akhirnya buat.. :D

dandy makibo said...

kan emang udah niat gan..hehe

Pujia Muksita said...

mrka kan pnya water purifier jg dr pusat n kapasitas nya bsar,,tp rusak sih dr pas trial,,sy bbrapa kali kesana buat survey mau masang water purifier machine, solar-powered, bntuan dr pmerintah jpang.

dandy makibo said...

saya udah denger dari kawan masalah bantuan itu,,

tp gak ikut seminarnya,, pedahal di sekolah ane,,haha

postingan ini cuma buat ikut lomba aja kok,, dan kebetulan kagak menang,,hiks

Post a Comment

Jangan lupa ninggalin jejak gan ^_^