Kisah Anak Seribu Pulau [lanjutan]

kisah ini adalah lanjutan dari kisah sebelumnya :

“sial layang pertamax ane nyangkut di pohon”

Ane pulang aja ah,.minta tolong abah buat layangan lagi ,

Tak disangka n tak diduga,.,abah ane ngasi ane layangan,., asik
“makasih ya bah”

Balik ke lapangan lagi,.

Maen layangan tanpa kenal waktu,.,.

Padahal waktu tu bulan puasa,.untung libur,.. jadi bisa maen sepusnya,.,.

Pulang ahh,.,.cape bgt dah maen seharian,.,.

Nyampe rumah juga akhirnya

Eh mama lagi beres-beres aja,.,


“ma”

“napa tuh”

“mau kemana beres-beres ma”

“minggu depan kita Sumbawa”

“lebaran di sana ya ma”

“iya tuh”

“asik” dalam hati ane


Tibalah hari dimana ane kembali ke Sumbawa untuk kesekian kalinya.,.

Kami berangkat dari Pelaihari menuju ke Banjarbaru,.,.ternyata paman beserta anaknya mau ke Sumbawa juga,.

Namanya Kikie,.begitulah dia di panggil,.,

Dia anak terakhir paman ane,., lebih muda 3 taon dari ane,..

Berangkat lah kami menuju pelabuhan Banjarmasin,.,.

Naik kapal laut yg super duper besarnya,.,.

Dikapal paling kerjaan lari-lari dari lantai paling bawah sampai lantai paling atas,.,begitu aja,.

Gak ada seru-serunya,,.,makanya gak ane critain di sini,.

Banjarmasin-Ujungpandang-Lombok.,

Akhirnya nyampe Lombok juga,..kamipun di jemput oleh keluarga kami yg berada di Lombok.,.ingat LOMBOK,.,bukan CABE,.

Berangkatlah kami menggunakan mobil paman an eke rumahnya dikawasan cakranegara, Mataram,.

Sampai,.masuk rumah,.salim.,.masuk kamar,.tidur,.,

Besoknya kami langsung ngacir ke Sumbawa menggunakan bis,.paman ane mengantar kami sampe terminal bertais.,.

Nyampe terminal,.,naik bis,.nunggu bis jalan,., pas udah jalan ane muntah-muntah,..,

Mabok perjalanan darat mah sampe sekarang,.

Terminal Bertais – Pelabuhan kayangan Lombok – naik kapal ferry – Pelabuhan Poto Tano Sumbawa – Terminal Sumer Payung Sumbawa,.,. akhirnya nyampe Sumbawa juga,.,

Kami melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum,.,.dari terminal sampai rumah kakek ane di kawasan kel. Bugis Sumbawa Besar,.. tepatnya di Losmen Tunas.,.

Kalo sudah yg namanya lebaran,.,.pasti tamu-tamu yg mau nginap di losmen ne bakalan mendapatkan kata-kata seperti berikut,.

“maaf pak kamar penuh”

“penuh”

Pokoknya bisa-bisanya penjaga losmen aja,.,.

Losmen kakek ane ne gak besar-besar amat,.,., cumin tu losmen panjangnya minta ampun dah,.,

Tu sich waktu ane masih kecil,.,.jadinya langkah ane agak pendek.,.

Nyampe rumah kakek,,.,masuk,,,salaman,.,.milih kamar,.naruh barang.,keluar kamar,. ketemu ma sanak sodara,.maen,.itu aja.,,gak ada yg special,.

Kami ke Sumbawa seminggu sebelum lebaran,., kalo gak salah-salah ingat yg artinya ingatan ane bener,.,

Skip-skip

Hari raya


Asli dah saat tu banyak bgt ane dapet uang lebaran,.,.ane gak ingat jaman tu dapet uang berapa,..

Setelah hari raya yg dijalani begitu-begitu aja,.,.sama aja lah kayaknya ma sekarang,.,.

Kerumah sana – sini,.,abisin jajan orang,..

H+3 ane dibisikin ma mama ane,.,.


“besok kamu di sunat ya”

“sunat ya ma”

“mau ya”

“gak sakit kan ma”

“gak kok tuh”

“masa sih gak sakit ma”

“percaya ma mama”


Hari H,.,hari dimana ujung tit** ane di musnahkan dari dunia ne,.,.

Ternyata hari tu bukan Cuma ane aja yg disunat,.,.ada sepupu ane juga,.,.

Kikie,.,dialah orangnya,.,.tapi kan dia cewek,.,beda dong ma nae,.,.

Saking takut n cemennya ane,.,ane sembunyi dikamar mandi salah satu kamar losmen yg gak ada orangnya,.,.

Capek-capek dah nyari ane,.,pokoknya ane belum mau disunat,.,

Akhirnya ane selamat dari acara sunat menyunat,.,.

Tapi tak disangka,,rencana pemotongan akan dilanjutkan besok subuh,.,.

Ane pasrah,,soalnya sepupu ane udah di sunat duluan,.,

Seperti layaknya seorang pejabat yg gila harta,.,

Ane disuruh sunat oleh keluarga-keluarga ane,,.

Ada yg bilang : “ntar paman beliin mobil-mobilan” ,., “nanti bibi beliin mainan” ,.,entahlah apalagi yg mereka sebutkan,.,

Tibalah saat yg mengerikan,.dimana perpisahan insan dengan ujung tit**nya,.. 

Eng ing eng,.,. hari perpisahan,.,


Ane dipanggil oleh salah satu bibi ane,.,.

“dandy”

“iya bi”

“ayo cepet keluar, pak matri sudah datang”

Sambil ngacir dari dalem kamar, trus ane buka pintu,, ajigile dah banyak fans datang

Ane jalan dah tu ke tempat yg telah disediakan,.,.

Ane baring,,.celana ane dibuka

Liat jarum suntikan ., “ampun pak” ucap ane dalam hati,..

Rasanya ane pengen kabur aja pas si mantri nyuntik tit** ane,.,.

Tapi sayang, kedua tangan n kaki ane di pegang oleh orang-orang kuat berotot tahu

“pasrah aja dah” ucap ane dalam hati.,.

Tiba-tiba aja, ntah siapa yg menyumpal mulut ane pake telur rebus,.

Ane makan aja,.,

Ternyata itu hanya salah satu cara yg kurang ampuh untuk mengalihkan saja,.

Pas si mantri mulai melaksanakan aksinya,.,.diketahui oleh pihak lawan,.,.ane tembakkan peluru pemusnah masal,..alhasil telur yg baru saja ane kunyah tepat mengenai muka sang mantri,.

Skip-skip,.,udah kelar deh,., buset dah sakitnya minta nambah ,.,

Pake sarung,.masuk kamar,.,kipas-kipas,,.panas-panas

Banyak keluarga datang buat jenguk ane,., banyak amplop,.,gak tau isinya berapa

Seingat ane pas ane sunat tu cuman dapet Rp. 85.000,-an lah,.. dikit bgt ya

3 hari setelah hari perpisahan,.,.ternyata ada acara syukuran sunat ane…,ternyata ane salah duga,.

Ternyata acara tu adalah acara ulang tahun emas pernikhan kakek nenek ane,..

Banyak yg hadir,.,sayang ane masih terbaring lemas di atas kasur..,

Haripun berlalu sampai keadaan ane mulai baik,., kamipun kembali lagi ke Kalimantan,.,.rute perjalanan sama,.,Cuma kebalikannya aja,.,.


Skip-skip (sesampainya di Pelaihari)


Kehidupan ane kembali normal,,,., ya seperti biasa.. nakal, nakal n nakal

Ada hari dimana ane di ajak mincing ma abah ane,., mincing di sungai sih

Ane ma abah ane jalan dah mentelusuri sungai yg ada di belakang rumah ane,.,
Ternyata abah ane pinter juga milih tempat,., kami tepat berada dibawah pohon manggis,.,

Sayang buahnya masi muda-muda,., gak bisa makan manggis gratis deh,.,


Mancing deh ane ma abah ane,., ane lupa waktu tu dapet ikan apa aja,.,

Seusai mancing kamipun beranjak pulang


Sampai rumah,., masuk,,kebelakang buat bersihin ikan hasil pancingan,., ke dapur,., buat bumbu.,,masak ikan hasil pancingan,., masakan selesai,.santap

Kamipun makan,.,,

Selesai makan,.,ane lupa apa yg ane lakukan,.,kayaknya minum aer deh,.,

Besoknya pas ane pergi sekolah,., saat itu udah mau ujian sekolah kenaikan kelas,.,

Tapi apa yg terjadi,.,ternyata ane harus pindah sekolah karna abah ane dipindah tugaskan ke Sumbawa besar.,

Ane gak bisa berbuat apa-apa,.,hanya pasrah,.,
Selama seminggu penuh ane tongkrongin SD ane tu,,., maklum anak-anak,.

Saat mau pindah sekolah tu mama ane sedang hamil,., yes bakal punya adek lagi,.,

Akhirnya pindahlah ane beserta keluarga ane ke Sumbawa,., sekitar pertengahan tahun 1996.,.


Di dalam kapal laut yg besarnya gak ketulungan,,.,ane mendapatkan seorang sahabat,.,walaupun dia lebih tua dari ane belasan tahun,., namanya Ipul,.

Ipul ini asli orang Ujungpandang,.,ane kenal dengan dia karna tempat tidur kami bersebelahan,,,

Pertemuan kami disini hanya 2 hari,.,soalnya ane turun di Lembar, Lombok,.,sedangkan dia turun di Jakarta,., kapan ya ane bisa ke Jakarta  

Sampailah kami di pulau Lombok,.,tempat ane sekarang,.,

Kamipun menunggu jemputan dari keluarga kami yg sudah pernah ane ceritakan di part sebelumnya,..

Lama menunggu,.,menanti gak sampai mati

Akhirnya abah ane memanggil angkutan umum yg lg bengong di pangkalannya.,.

Ngomonglah abah ane kepada supir angkot tersebut,,.,menanyakan masalah harga,,.

Harga cocok,..kamipun berangkat menggunakan angkot tersebut,.,.
Perjalanan pun berlanjut..

Enta saat itu berada di kawasan mana.,kamipun berpapasan dengan mobil yg sangan familiar menurut ane,.,mobil itu adalah mobil keluarga ane yg datang menjemput.,.,

Abah ane ambil tindakan,.,tampa ragu abah ane mengeluarkan kepalanya di jendela angkot,..,untung gak knapa-knapa

“alep” memanggil kakak misan ane dengan suara yg lumayan keras menurut ane,.,.

Curi-curi pandang pun tak terhindarkan,.,.akhirnya abah ane menyuruh supir angkot yg kami tumpangi itu berhenti,.,

Angkot pun berhenti,.,abah ane keluar n menunggu kakak ane memutar balik kendaraaannya,.,.

Akhirnya pindah tumpangan,., setelah semua barang bawaan masuk.,kamipun langsung berangkat ke Mataram ___

Di perjalanan hanya terjadi obrolan-obrolan ringan saja,.entah apa yg mereka bicarakan,,.sampai akhirnya ane tertidur lelap di dalam mobil,..

Akhirnya sampailah kami di rumah keluarga kami.,ane langsung dibangunkan begitu sampai,..,

Masuk,.salam,.,.lanjut tidur dikamar tamu,.,

Di mataram ini kami hanya menginap beberapa hari,.,karna ane harus sesegera mungkin mencari sekolah baru,.,

Setelah puas istirahat di mataram,.,.kamipun melanjutkan perjalanan ke Sumbawa.,.,skip-skip ane dah di Sumbawa neh

Seperti biasa lah,.,salam,,,masuk,.,salim.,.istirahat,.,.

Hari yg ditunggu telah diba,.,.dimana ane dimasukkan di salah satu SD ternama di Sumbawa,.,, ane di masukkan di SDN 2 Sumbawa Besar,.,.salah satu sekolah favorit di Sumbawa.,

Sekolah ne lumayan besar lah disbanding dengan esde-esde yg lain di Sumbawa,.,.

Masuklah dihari pertama di skolahan baru,.,.ternyata bukan ane aja yg jadi anak baru hari itu.,.,ada salah satu pindahan dari Mataram.,.namanya Rizka.,. dari parasnya cowok yg satu ne lumayan pintar lah,.,.

Akhirnya kami berdua di suruh maju kedepan kelas untuk mengenalkan diri,.,. skip-skip udah.,.,balik lagi ke tempat mangkal,.,upz tempat duduk maksudnya

Dikelas ane duduk bareng ma temen baru ane n sama-sama anak baru,., ane duduk bareng ma Rizka.,., lumayan asik sih anaknya,,.,

Duduk dikelas yg masih sangat asing menurut ane,.,benar-benar asing.,
Sampai akhirnya bel istirahat berbunyi,.,.”yes akhirnya istirahat juga” ucap ane dalam hati,.,.

Ane ngacir dah tu ke lapak ibu-ibu yg menjajakan anaknya .., jualannya maksud ane

Ane beli nasi kuning sekarung ,.,sepiring yg saat itu masih Rp. 100,- ,.murah bgt ya.,.

Sekarang uang segitu, pake beli tusuk gigi aja gak bisa

Gak ada yg special saat jam istirhat., ane hanya menghabiskan jam istirahat di kantin aja,.,maklumlah belum punya teman.,masih nubie di sekolahan yg teramat asing ne,.


Tibalah hari dimana ane sangat merasa terasingkan,,, saat itu kami berada di lapanggan sekolah.,.,karna emang lagi jam olah raga,.

Tapi apa gerangan yg terjadi,., ane seperti orang yg sangat tak dianggap.,.karna ane memakai,.,
.,.,.,.,.,.. 
_______________________________________________________________________________
Lanjutannya ada dimari gan.

sekian terimagaji #ngacir

2 comments:

Sipiit Haryanto said...

Di tgu. Kelanjuttan nya

dandy makibo said...

sip rek :D

Post a Comment

Jangan lupa ninggalin jejak gan ^_^