Kisah Anak Seribu Pulau [lanjutan]

Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya.

“mau kemana kita ?” ane tanya ke temen-temen ane

“ke sawah dan” jawab fajri n bagor (perlu diketahui kalo yg dua ne bersaudara)

“ngapain ke sawah ?”

“cari cewek , nyari bambu dan,., khan maren kita dah sepakat buat rumah pohon di blakang rumah mu,., masa lupa”

“astaga ane lupa, ayo kemon”

Akhirnya kami jalan menuju sawah,..

Rutenya dari kampung ke sungai, trus nyembrangi sungai., soalnya sawahnya ada di sebrang sungai., yaa walopun bukan sawah kami

Akhirnya kami pun sampai di tujuan,., lumayan cape juga nyebrangi sungai yg aliran airnya lumayan deras., kalo sekarang mah tinggal lewat jembatan aja,.,. kalo dulu jembatannya belom ada.,

Kamipun langsung melaksanakan aksi mencari bambu-bambu yg lumayan besar,., kami potong, sampai akhirnya merasa cukup n langsung kami akhiri,.,kamipun pulang dengan membawa beberapa potong bambu yg kami ambil di sawah orang n tanpa seizing orang yg bersangkutan,,.

Sampailah kami gubuk kecil a.k.a rumah ane,., kamipun mulai memotong bambu-bambu itu,.,setelah semuanya terpotong, pembuatan rumah pohon pun dimulai.,

Ane n Fajri naik ke atas pohon,., sedangkan Ari n Bagor dibawah pohon,., tugas Ari n Bagor adalah memberikan kami potongan-potongan bambu yg ada,., sedangkan ane n Fajri membuat rumah pohon di atas pohon jambu air yg berada di belakang rumah ane,., sayang pohon itu sekarang sudah tiada.,,

Semua bambu sudah berada di atas pohon,., anen Fajri memulai aksi kami, meletakkan bamboo asal-asalan sampai membentuk dasar rumah pohon., sedangkan Bagor n Ari mencari kardus n tali., setelah Bagor n Ari sampai,., langsung aja ane minta kardus n tali yg sudah mereka dapat,,.,

Guna tali disini adalah sebagai pengikat bambu supaya tidak goyang-goyang.,sedangkan kardus berguna sebagai alas biar celana ma kulit kami gak lecet kena pinggiran bambu..,. siapa sih yg pengen cidera.,

Pembuatan berlanjut sampai akhirnya,. Taraaa rumah pohon kamipun jadi,.,

Akhirnya Ari n Bagor ikut naik menikmati rumah pohon pertama kami,,., untungnya tu rumah pohon kuat,, kalo gak bisa jatuh kami berempat,., n untungnya lagi, pohon jambu air ane lagi banyak buahnya,.,. “benar-benar sempurna” ucap ane dalam perut

Akhirnya kami nikmati rumah pohon kami untuk beberapa saat sambil menikmati buah jambu,,

Setelah puas berlama-lamaan di atas pohon, seperti anak kecil yg baru ketemu dengan mainannya,., akhirnya kami pun turun,.,

Kreekkkkk,., ada suara yg menurut ane seperti suara kayu patah.,.,

Ternyata suara itu berasal dari batang pohon yg patah di injak Ari,., ane kira apaan,,. setelah itu kamipun turun bergantian,., ane turun terahir, mungkin ane lagi sial kali ya,., batang pohon yg ane pegang dengan tangan kanan ane patah., tapi beruntung tangan kiri ane langsung memegang batang pohon yg laen,.,

“Alhamdulillah” ucap ane,.

Untung ane gak jatuh, kalo jatuh bisa lecet neh kulit mulus ane posisi ane saat tu mengenaskan banget,., tangan kiri ma dagu ane menopang badan ane yg lumayan kurus ne,.,sedangkan badan sampai ujung kaki ane gelantungan,,

Akhirnya ane dibantu ma teman-teman ane buat turun,,.,

“makasih ya”

“sama-sama dan”


“kita pulang dulu ya da” sambil ngacir keluar dari halaman belakang rumah ane

“oke, hati-hatinya, makasih buat yg tadi” sambil ngacir kerumah

Saking capeknya, sampe rumah ane langsung ngacir ke dapur buat cari apa aja yg bisa dimakan,., ternyata masih ada nasi ma lauk., tanpa ba bi bu ane ambil aja tu nasi ma lauk,.,makan, slese makan minum., trus minggat lagi ke bantaran sungai,.,

Sampai di sungai cuma ketemu ma anak-anak yg lagi maen bola, ane duduk aja jadi penonton setia,,.,

Ane liatin aja dah tu anak-anak maen bola,.,sampai akhirnya ane di ajakin maen,.,.ane iyain aja,,

“dan ikutan maen bola yuk”

“sip, ane jadi apa”

“terserah ente dah dan”

“ane jadi kipper aja ya, alnya ane kurang bisa maen bola”

“sip, jaga yg bener ya”

"siap bos"

Akhirnya permainan pun belanjut,., perebutan bola pun mulai,.,ane rada lupa skornya berapa,.,.yg jelas tim ane menang

Setelah maen bola selesai, langsung aja ane beli ngacir ke rumahnya Nindy buat belie s cendol,.,

Sampai tujuan, langsung mesen n duduk dikursi panjang yg udah disediain,.. keringat bercucuran, gerah bgt dah pokoknya,.,untung ada tempat ngadem,.,mana Nindynya cakep lg,,

Nindy : adik kelas ane di SD.,.,

Pas lg minum es cendol bareng ma temen-temen maen bola tadi, yg dimaksud keluar dari rumahnya., langsung aja dah digodain ma temen-temen ane,., ane sih gak ikutan, maklum masih nubie masalah yg begituan,

Alhasil si cewek yg bernama Nindy itu pun langsung lari kedalam rumahnya lagi,.,

Selesai minum es, ane balik lagi ke rumah tercinta,., keringat dah banyak, badan bau banget kayak bunga raflesia,., sampe rumah langsung nyosor ke kamar mandi wanita

Malemnya ane minggat lagi bareng ma temen-temen ane, petak umpet time , terkumpullah teman-teman ane sebanyak 1570 orang, aslinya sih cuma 15 orang

Permainan pun dimulai, untung bukan ane yg jaga,., setelah hitungan mundur, ane ngacir aja ke lokasi-lokasi yg menurut ane sulit untuk ditemukan,.

Akhirnya ketemu juga, ane sembunyi dibelakang rumah salah satu warga.,
Berdiri sambil mengintip dari kejauhan,, satu per satu teman-teman ane sudah ditemukan., ane pandangi langit gelap tanpa bintang, mata ane tertuju pada satu sosok aneh yg berjalan, mungkin terbang

Mata ane tak henti-hentinya memandang, sampai bulu kuduk ane menari-nari., entah apa itu, yg pasti dia bergerak kea rah ane. Waktu itu ane liat mirip tengkorak, ternyata setelah lama ane pandangi,.,hanya seekor kucing putih yg lagi jalan-jalan diatas genteng untung ane gak teriak ketakutan

Akhirnya permainan petak umpet selesai dengan membawa pulang keringat yg bertumpah ruah ,. ane pulang nyari aer es trus minumnya sambil kipas-kipas badan pake buku matematika posisi baju dah dibuka (telanjang dada)

Habis tu ane makan, minum lagi, nonton TV hitam putih ane habis tu tidur,., ane bangun setelah menginjak bangku kelas 6

Di bangku kelas 6 ne kami mendapatkan anak baru lagi,., cewek hitam manis yg bernama maya., dia pindahan dari Mataram kalo gak salah yg artinya benar,.,

Disinilah tingkat kesriusan ane dalam hal kenakalan makin menjadi-jadi,.,

Hari-hari semakin membosankan saja di sekolah ini,,pulang sekolah ane langsung ke rumah, setelah ganti baju n makan siang ane langsung minggat ke lokasi game,. Ding dong, iya game ding dong,,., saat itu masih menggunakan uang Rp. 100- logam besar tipis yg kalo dipake lempar orang pasti tu orang gak mati

Akhirnya permainan ding dong pun dimulai., ane lupa nama permainan yg sering ane maenin dulu,., yg jelas permainan tembak-tembakan,., setelah sore n menghabiskan uang sampe 1 juta, aslinya Cuma 500 perak ,.akhirnya ane pulang dengan membawa kepuasan batin yg tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.,

Ampai dirumah ane ditanya ma mama ane,,

“dari mana”

“maen”

“mandi dulu, habis tu ganti mama jaga warung”

“iya ma” sambil ngacir ke kamar mandi wanita


Selesai mandi n memakai baju baru ane ambil dilemari, ane langsung bergegas ke ruang depan a.k.a kios ane,,.ane jaga dah kios ane sampe bengkok,.,

Setelah selesai jaga kios n menghabiskan isi kios (ngemil apa aja yg ada di kios ) ane langsung minggat keliling kampung nyari temen-temen ane,.,

Ane maen dah ma temen-temen ane,.,kalo gak maen petak umpet ya maen polisi-polisian,.,. selesai maen ane pulang dah,.,.lupa ane waktu itu maen apa,.,. perasan ne cerita banyak lupanya dah

Lupakan sejenak kenangan yg terlupakan,..skip-skip ane sudah mendekati ujian nasional SD,.,rasa gugup pun selalu mendatangi,.,.gugup karena tidak bisa menjawab soal-soal ujian nanti,.,

Akhirnya penyakit yg selama ini bersarang didalam tubuh ane menggila,.,.ane jatuh sakit selama 2 minggu sebelum ujian nasional berlangsung,.. untung ane sembuh seminggu sebelum ujian,.,alhasih belajar seadanya n jawab seadanya saja,.,.

Tak disangka-sangka ane lulus dengan nilai yg lumayan memuaskan, menurut ane memang terlalu singkat kalau diceritakan.,.tapi aslinya,,lama banget

Pertengahan tahun 2000 ane lulus dari SD n akan melanjutkan ke tingkat SMP,,.,putih-merah ke putih-biru,., dengan tekat yg bulat ane bersama teman seperjuangan ane yaitu si Fajri yg biasa dipanggil dogel, rabol, parabola enth apa lagi sebutannya,.,

Setelah mengambil ijasah di SD yg sekarang menjadi mantan sekolah kami,, dengan semangat 45 kami berjalan menelusuri kota Sumbawa yg panas ini hanya dengan berbekal ijasah asli n fotocopy ijasah SD yg baru saja dilegalisir

Perjalanan kami terhenti di salah satu SMPN yg menurut kabar para gorilla di mall adalah SMP terfavorit,.,.akhirnya kami masuk ke dalam sekolah tersebut,.,banyak anak-anak dari SD lain mendaftar ke SMP ini,.,sayang mereka kelihatan sangat manja,,masih diantar orang tua mereka,.

Akhirnya kami (ane n fajri) mencari tempat ngadem,.,karna kelelahan setelah menempuh perjalanan yg lumayan jauh,., sampai di depan salah satu ruangan tempat pendaftaran,.,kami ketemu dengan teman kampung kami,., cuma beda sekolah aja,.,

Kamipun bertegur sapa,,teman kampung ane yaitu fery n man namanya,.,sedangkan teman sekolah mereka bernama eb <<== dibaca hurufnya satu-satu ya E (spasi) B

Kamipun bersenda gurau tak menentu,.,sampai akhirnya kami fokus ketempat pendaftaran sekolah,.,sambil berdesak-desakan untuk mengambil formulir pendaftaran,..walopun berdesak-desakan akhirnya ane n teman-teman ane dapet formulir juga,.,

Setelah mendaftar kamipun pulang,.,.

___________________________________________________________
Ditunggu aja kelanjutannya gan.

lanjutannya disini gan, 

sekian terimagaji #ngacir

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa ninggalin jejak gan ^_^

Cari Aja

Labels

cerita (41) download (2) gak penting (19) game (1) ilmu (13) lomba blog (2) photo (9) Puisi (4) share (51) trik (1)

All In One

Flag Counter